Senin, 28 September 2015

Satelit A2 Hadir Bulan Ini di Indonesia


Dari judulnya sudah bisa menerka dong apa yang baru di Indonesia?? Ya, Satelit A. Sebelum kita teliti lebih jauh, kita harus tahu lebih dulu pengertian dari satelit. Satelit merupakan sebuah benda yang mengorbit benda tertentu dan memiliki revolusi dan rotasi tertentu. Di angkasa luar terdapat dua jenis satelit, yaitu satelit alam dan satelit buatan. Pada era sekarang ini satelit buatan difungsikan untuk layanan telekomunikasi atau komukasi jarak jauh. Saat ini Indonesia udah punya kurang lebih 18 satelit yang telah mengorbit mengelilingi bumi. 























Dilansir dari Okezone (14/08/2015), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) diagendakan akan meluncurkan Satelit A2 pada September tahun ini. Satelit A2 merupakan satelit yang murni dibuat di Indonesia oleh para Insinyur Indonesia, bukan seperti satelit pendahulunya yang merupakan buatan TUSBAT  dari Jerman. 

Satelit A2 diproduksi di dalam negeri dengan sumber daya yang dimiliki LAPAN, Bogor. Satelit Lapan A-2 ini merupakan satelit kedua yang diluncurkan selama satu dekade setelah peluncuran LAPAN A-1. Perampungan satelit A-2 selesai pada Agustus 2012 oleh para peneliti LAPAN. Dengan telah selesainya satelit buatan anak bangsa ini, merupakan sebuan pencapaian yang berhasil bangsa Indonesia dalam dunia persatelitan. 

Satelit A-2 ini merupakan satelit mikro yang memiliki bobot seberat 78 kg, dan akan mengorbit pada ketinggian 650 km dari permukaan bumi. Rencananya satelit A-2 akan diluncurkan di negara Jerman dan akan menumpang satelit induk ASTRO SAT milik negara tersebut yang bakal meluncur bulan September 2015. 
Kabarnya satelit A-2 akan secara optimal dapat beroperasi setidaknya dalam hal 14 jam, dan satelit ini memiliki misi utama yaitu melakukan pemetaan bumi, pemantauan kapal laut dan komunikasi amatir. Satelit ini akan mengorbit melintasi Indonesia selama 1,5 jam sekali. Satelit A-2 juga memiliki kamera dengan resolusi 4 hingga 5 meter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar