BAGIAN-BAGIAN YANG BEKERJA PADA KARBURATOR
1.
Pada
saat engine putaran langsam
Pada proses ini gas tangan belum bekerja,
sehingga posisi piston valve masih belum bergerak. Hal ini berarti spuyer utama
(main jet) masih tertutup oleh Jet Needle (jarum skep) sehingga udara yang
masuk tidak melalui venturi tetapi melalui Slow air bleed, yaitu saluran udara
yang menuju spuyer kecil, dan akan diteruskan kedalam silinder dalam bentuk gas
(kabut). Jadi bagian-bagian yang bekerja pada karburator adalah :
a.
Slow
air bleed (saluran udara)
b.
Slow
Jet (spuyer kecil)
Sedangkan
untuk menaikkan dan menurunkan putaran mesin agar mencapai putaran yang telah ditentukan pada saat engine
bekerja pada putaran langsam adalah dengan cara memutar baut penyetel gas,
yaitu apabila diputar kekanan putaran engine akan naik dan sebaliknya jika
diputar kekiri putaran engine akan turun.
2
Pada
saat engine putaran menengah
Pada proses ini gas tangan berputar
separuh dari keseluruhan putaran, hal ini berarti piston valve akan naik dan
membuka separuh dari ruangan venturi dan menaikkan jarum skep, sehingga saluran
spuyer utama (main jet) terbuka. Udara luar akan masuk mengalir melalui
saluran-saluran venturi (separuh bagian) slow air bleed dan main air bleed,
sehingga bahan bakar akan terisap naik melaui spuyer besar dan spuyer keci,
untuk selanjutnya di supplai ke silinder. Jumlah bahan bakar yang terisap naik
melalui spuyer besar akan diatur oleh garis tengah jarum skep yang menutupi
saluran pada spuyer besar
Oleh karena itu, posisi klip jarum skep (ada 5 posisi) menentukan jumlah
bahan bakar yang terisap melalui spuyer besar, makin turun posisi klip pada
jarum skep makin besar jumlah bahan bakar yang terisap.
Pada proses ini
bagian karburator yang bekerja adalah :
a.
Venturi
air bleed
b.
Slow
air bleed
c.
Main
air bleed
d.
Spuyer
kecil (pilot jet)
e.
Spuyer
besar (main jet)
f.
Jarum
skep (Jet Needle)
3
Pada
saat engine putaran tinggi
Pada proses ini gas tangan terbuka
penuh, hal ini brarti ruang venturi terbuika penuh dan jarum skep terangkat
keatas seluruhnya, sehingga pada proses ini udara mengalir melalui lubang
venturi yang terbuka seluruhnya., yang akan menghisap naik bahan bakar melalui
spuyer utama yang lubangnya terbuka seluruhnya, karena tidak lagi tertutup oleh
jarum skep. Pada proses ini bagian-bagian karburator yang bekerja adalh :
a.
Venturi
(seluruh bagian)
b.
Spuyer
Utam (main jet)
II.5 SISTEM OPERASIONAL KARBURATOR
Berdasarkan variasi putaran engine
maka system operasional karburator dapat ditentukan melalui pembukaan Throttle
Valve atau piston gas dengan ketentuan sebagai berikut :
·
Pembukaan
piston dari tertutup sampai dengan 1/8 pembukaan, bagian karburator yang
bekerja adalah:
a.
Slow
jet dan setelan udara
b.
Jet needle (jarum skep) sudah mulai terangkat
· Pembukaan
piston dari 1/8 sampai dengan ¼ pembukaan, bagian karburator yang bekerja adalah :
a.
Slow
jet dan setelan udara
b.
Jet
needle (jarum skep)
·
Pembukaan
piston dari ¼ sampai dengan ½ pembukaan, bagian karburator yang bekerja adalah
:
a.
Jet
Needle (jarum skep)
b.
Main
jet (spuyer utama)
·
Pembukaan
piston dari ½ sampai deangan ¾ pembukaan, bagian karburator yang bekerja adalah
bagian :
a.
Jet
Needle (jarum skep)
b.
Main
jet (spuyer utama)
·
Pembukaan
piston dari ¾ sampai dengan bukaaan penuh, bagian karburator yang bekerja
adalah :
a.
Main
Jet (spuyer utama)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar