Kamis, 24 September 2015

another info karbu

BAGIAN-BAGIAN YANG BEKERJA PADA KARBURATOR

1.    Pada saat engine putaran langsam
 Pada proses ini gas tangan belum bekerja, sehingga posisi piston valve masih belum bergerak. Hal ini berarti spuyer utama (main jet) masih tertutup oleh Jet Needle (jarum skep) sehingga udara yang masuk tidak melalui venturi tetapi melalui Slow air bleed, yaitu saluran udara yang menuju spuyer kecil, dan akan diteruskan kedalam silinder dalam bentuk gas (kabut). Jadi bagian-bagian yang bekerja pada karburator adalah :
a.    Slow air bleed (saluran udara)
b.    Slow Jet (spuyer kecil)
Sedangkan untuk menaikkan dan menurunkan putaran mesin agar mencapai putaran  yang telah ditentukan pada saat engine bekerja pada putaran langsam adalah dengan cara memutar baut penyetel gas, yaitu apabila diputar kekanan putaran engine akan naik dan sebaliknya jika diputar kekiri putaran engine akan turun.

2     Pada saat engine putaran menengah
Pada proses ini gas tangan berputar separuh dari keseluruhan putaran, hal ini berarti piston valve akan naik dan membuka separuh dari ruangan venturi dan menaikkan jarum skep, sehingga saluran spuyer utama (main jet) terbuka. Udara luar akan masuk mengalir melalui saluran-saluran venturi (separuh bagian) slow air bleed dan main air bleed, sehingga bahan bakar akan terisap naik melaui spuyer besar dan spuyer keci, untuk selanjutnya di supplai ke silinder. Jumlah bahan bakar yang terisap naik melalui spuyer besar akan diatur oleh garis tengah jarum skep yang menutupi saluran pada spuyer besar
Oleh karena itu, posisi klip jarum skep (ada 5 posisi) menentukan jumlah bahan bakar yang terisap melalui spuyer besar, makin turun posisi klip pada jarum skep makin besar jumlah bahan bakar yang terisap.
Pada proses ini bagian karburator yang bekerja adalah :
a.    Venturi air bleed
b.    Slow air bleed
c.    Main air bleed
d.    Spuyer kecil (pilot jet)
e.    Spuyer besar (main jet)
f.     Jarum skep (Jet Needle)






3     Pada saat engine putaran tinggi
Pada proses ini gas tangan terbuka penuh, hal ini brarti ruang venturi terbuika penuh dan jarum skep terangkat keatas seluruhnya, sehingga pada proses ini udara mengalir melalui lubang venturi yang terbuka seluruhnya., yang akan menghisap naik bahan bakar melalui spuyer utama yang lubangnya terbuka seluruhnya, karena tidak lagi tertutup oleh jarum skep. Pada proses ini bagian-bagian karburator yang bekerja adalh :
a.    Venturi (seluruh bagian)
b.    Spuyer Utam (main jet)


II.5  SISTEM OPERASIONAL KARBURATOR

Berdasarkan variasi putaran engine maka system operasional karburator dapat ditentukan melalui pembukaan Throttle Valve atau piston gas dengan ketentuan sebagai berikut :
















·         Pembukaan piston dari tertutup sampai dengan 1/8 pembukaan, bagian karburator yang bekerja adalah:
a.    Slow jet dan setelan udara
b.    Jet needle (jarum skep) sudah mulai terangkat
·       Pembukaan piston dari 1/8 sampai dengan ¼ pembukaan, bagian karburator  yang bekerja adalah :
a.     Slow jet dan setelan udara
b.     Jet needle (jarum skep)
·       Pembukaan piston dari ¼ sampai dengan ½ pembukaan, bagian karburator yang bekerja adalah :
a.     Jet Needle (jarum skep)
b.     Main jet (spuyer utama)
·       Pembukaan piston dari ½ sampai deangan ¾ pembukaan, bagian karburator yang bekerja adalah bagian :
a.     Jet Needle (jarum skep)
b.     Main jet (spuyer utama)
·       Pembukaan piston dari ¾ sampai dengan bukaaan penuh, bagian karburator yang bekerja adalah :

a.         Main Jet (spuyer utama)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar